Sajan Mera India (review Aku dan Film India Melawan Dunia)

9:40:00 AM


Jujur saja, saya adalah penggemar film India. Yang bagus tentu saja walau durasinya terkutuk nauzubillah . Kover buku ini adalah aktor Bollywood idolaku. Sialnya, ini Indonesia, tempat anak muda snobis berlimpah. Alhasil, kesukaanku pada film India susah diobrolkan. Lha jarang yang tau..

Lalu nemu pengantar buku ini yang disalin di dinding FB teman. Salah satu kalimatnya berbunyi "seperti film porno, film India film India disukai sekaligus tidak diakui, dikonsumsi tapi dianggap terlalu kotor untuk dibincangkan, ditonton sendirian kemudian dihinakan di depan orang banyak". Beuh sial, buku ini aku banget, maksutnya aku sering nemu orang yang begitu. Lebih sial lagi, penulisnya adalah Mahfud Ikhwan yang nulis Ulid dan Kambing & Hujan. Saya juga sudah jatuh hati dulu dengan tulisannya di pengantar buku Tamasya Bola. Lah ya harus baca berarti.

Saya khusyuk membaca buku ini. Lalu mangut-mangut salut sama penulis. Dia berhasil membuat paparan kenapa kesukaannya pada bollywood itu keren, dan tak ada salahnya pembaca juga menyukai hal yang sama. Tanpa perlu malu. Sebagai penyuka film India saya jelas jauh level militansinya dibanding si penulis. Jaman dia mesti ngrental, mbajak, dll saya tinggal striming di fmovies.to (skrg .se) . 

Saya juga beda generasi dengan penulis. Alhasil saya tak terlalu banyak punya pembanding referensi. Buku ini yang malah jadi sumber informasi. Dari keaktoran sampai referensi judul film India wajib tonton. Dari jaman inspektur Vijay yang bergenre angry young man, sampai jamannya Amir Khan yang berbau plagiasi. 

Satu yang saya catat dibuku ini adalah bagaiaman si penulis yang mengutuk pemuda snobis, tapi di sisi lain ia pun snob betul. Ceritanya di beberapa bagian menggambarkan kecongkakannya dengan pengatahuan bollywood yang diaggapnya unggul atas kawan-kawannya. atau selera kawan-kawannya yang dianggap buruk dalammemilih film india. 

Tapi satu yang utama dari buku ini, saya dibuat semakin yakin untuk setia dengan jalan sunyi menyukai film India.Walaupun sejujurnya saya kepikiran bikin klub nonton Bollywood. Nah kalau kamu baca sampai di sini berarti ada potensi untuk kuajak bikin klub nonton Bollywood.  minat? Huahahaha

You Might Also Like

0 comments

Powered by Blogger.