Menikah: Meringankan Beban Sisifus

8:57:00 AM



Kau pernah dengar Sisifus kan? Itu adalah tokoh dalam mitologi Yunani yang dikutuk untuk selama-lamanya mengulangi tugas yang sia-sia mendorong batu karang ke puncak gunung, namun pada akhirnya batu itu bergulir jatuh kembali. mitos ini juga yang diangkat Albert Camus dalam filsafat absurditasnya. Idenya adalah pencarian makna yang sia-sia oleh manusia, kesatuan dan kejelasan dalam menghadapi dunia yang tidak dapat dipahami, yang tidak memiliki Tuhan dan kekekalan.

Begitulah, tapi tenang saja aku malas membahas Camus. Tulisan ini aku ingin membuat analogi menikah yang kemasukan ke mitologi Sisifus.

Sebagian orang percaya, menikah bisa jadi cara memperoleh bahagia. Sebagian lain mengamini menikah adalah ibadah yang menyempurnakan iman. Sebagiannya lagi, menganggap menikah adalah cara menghindari dosa besar. Makanya sebagian banyak yang lain menyuarakan; ayo segera menikah!

Lalu apa urusannya dengan Sisifus? Begini, mari andaikan kau adalah Sisifus yang dikutuk mendorong batu karang ke puncak gunung. Nah dengan menikah, maka kau akan punya tenaga tambahan dari pasanganmu. Tentu lebih ringan bukan? Iya, jika pasanganmu adalah Sisifus baik yang mau bekerja sama.

Tentu ada kasus lain. Kau adalah Sisifus. Sekali lagi, kau dikutuk mendorong batu karang ke puncak gunung. Jika kau tak paham juga, batu karang itu analogi untuk beban hidup. Oke, Sisifus lalu menikah. Mestinya usaha mendorong karang jadi lebih mudah bukan?

Sialnya, pasanganmu adalah Sisifus yang tidak baik hati. Alhasil, bukannya dua tenaga Sisifus yang mendorong batu ke puncak gunung, yang ada adalah Sisifus mendorong sendirian. Sisifus satunya justru disampingmu menggegorgoti bekalmu sembari mengomelimu. Kadang malah untuk jalan ke puncak saja tak mampu, Sisifus malah tambah minta gendong pula. Mampus kau.

Lalu intinya apa? Ya apa? Kau berharap aku bijak? Jangan. Kau hanya akan kecewa. Dorong saja dulu batumu kepuncak wahai para Sisifus terkutuk.

*Hasil obrolan di pelosok bantul suatu ketika

You Might Also Like

0 comments

Powered by Blogger.